Mudik cerdas dengan Aplikasi Wajib Untuk Mudik

Idul Fitri merupakan hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal satu syawal. Hari raya Idul Fitri juga sekaligus menjadi moment untuk bertemu dengan keluarga. Orang-orang yang mayoritas bekerja di perantauan akan mudik ke kampung halaman untuk berkumpul dengan keluarga. Mudik sendiri telah menjadi tradisi yang membudaya secara turun-temurun sejak zaman dahulu. Alat transportasi untuk mudik itu sendiri ada berbagai macam, tergantung kemampuan si pemudik. Sebagian menggunakan pesawat karena memang mampu beli tiket pesawat dan hemat waktu. Sebagian memilih alat transportasi darat seperti bus dan kereta api karena harganya terjangkau dan aman. Sebagian yang lain memilih mudik dengan kendaraan pribadi seperti mobil ataupun motor. Nah bagi Anda pemudik yang biasa menggunakan jasa transportasi ataupun dengan menggunakan kendaraan pribadi tentu Anda ingin mudik dengan mudah. Anda tidak perlu khawatir karena era modern teknologi memudahkan kita untuk melakukan sesuatu termasuk mudik. Teknologi itu sendiri sekarang bisa diakses melalui internet yang terdapat pada smartphone. Tidak bisa dipungkiri bahwa mayoritas orang sekarang tidak bisa lepas dari internet atau smartphone. Smartphone bisa digunakan untuk mengakses berbagai macam aplikasi termasuk aplikasi wajib untuk mudik. Nah untuk pemudik sara sarankan menggunakan aplikasi wajib untuk mudik, agar mudik lebih mudah, nyaman, dan aman.

Beberapa aplikasi wajib untuk mudik yang bisa Anda coba untuk menemani perjalanaan mudik Anda, disetiapanya adalah;

  1. Reservasi Tiket dengan Pencet Handphone

Pemudik pengguna jasa transportasi umum tentu akan selalu membeli tiket, untuk mudik. Mereka mayoritas membeli tiket jauh sebelum mereka mudik ke kampung halaman, agar tidak kehabisan tiket. Namun banyak juga yang karena sibuk bekerja sehingga tidak sempat pergi ke agen untuk membeli tiket, sehingga kehabisan tiket dan kesusahan saat mudik. Hal tersebut kini bisa diantisipasi dengan smartphone/ android, karena android/smartphone memiliki banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk reservasi tiket pesawat, kereta api, travel ataupun alat transportasi umum lainnya. Keuntungan menggunakan aplikasi tersebut, Anda bisa melakukan pengecekan untuk bangku yang masih tersedia dan yang sudah terisi, sesuai dengan tanggal mudik yang telah Anda tentukan. Pemesanan bisa dilakukan jauh sebelum hari Anda ingin mudik, agar tidak kehabisan, juga Anda bisa cek apakah ada promo diskon atau tidak. Tentu dengan menggunakan aplikasi tersebut tidak ada alasan untuk Anda tidak cek meskipun Anda sedang sibuk, karena cukup dengan pencet handphone, sudah bisa cek semuanya tanpa Anda harus datang ke agennya satu per satu. Beberapa aplikasi android yang bisa digunakan untuk mengakses layanan pemesanan tiket pesawat dan kereta api disetiapanya Indonesia fligt, KAI Accsess, Traveloka, PadiTrain, PadiAir, tiket.com, Airasia.com, pegipegi.com, wegoflights, cheapflights, citilink Indonesia, garuda Indonesia, dll

2. Anti Tersesat dengan Aplikasi Petunjuk Arah dan Lokasi

Pemudik yang ingin mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, tidak perlu was-was tersesat karena aplikasi penunjuk arah dan peta lokasi bisa Anda akses dengan smartphone. Aplikasi tersebut akan menunjukkan arah jalan yang harus Anda ambil. Beberapa aplikasi android yang bisa digunakan untuk penunjuk arah dan peta lokasi setiapa lain Google Map, Waze Social GPS Maps & Traffic serta LewatMana. Untuk pengguna Google Maps, langkah pertama tentunya Anda harus mendownload, menginstal lalu membuka aplikasi tersebut dari hp Anda. Anda memasukkan nama daerah dimana Anda melakukan start, atau bisa klik my location (lokasi saya) kemudian memasukkan nama daerah tujuan, otomatis aplikasi tersebut akan menunjukkan arah jalan, lalu Anda tinggal mengikutinya. Bagi pengguna aplikasi Waze, akan memperoleh informasi penting di jalan atau rute serta mengenai keadaan jalan dan lalu lintas jalan yang akan dilewati dan yang telah dilewati pengguna jalan lainnya. Sedangkan jika menggunakan  aplikasi LewatMana, Anda bisa memantau jalanan dengan video streaming yang terintegrasi dengan pantauan CCTV milik TMC Polda Metro Jaya secara real time. Selain aplikasi lewat mana, aplikasi yang bisa menampilkan CCTV di jalan raya yaitu bisa menggunakan aplikasi JMCare dan jasamargalive.

Baca Juga : Aplikasi Download Video Youtube

3. Pantau Lalu Lintas dengan Smartphone

Untuk memantau keadaan lalu lintas agar mudik lancar, bebas macet dan sampai tujuan tepat waktu dan selamat, Anda bisa menggunakan aplikasi NTMC TV, yaitu aplikasi yang diluncurkan oleh kepolisian Republik Indonesia, aplikasi tersebut baru saja diluncurkan. Aplikasi NTMC TV menggunakan konsep informasi lalu lintas yang benar dan nyata setiap saat, sehingga selalu memberikan informasi terupdate bagi penggunanya. Informasinya meliputi keaadaan jalan, kemacetan, kecelakaan dan kejadian lain yang terjadi di jalan yang ingin Anda lalui.

Nah itulah beberapa aplikasi wajib untuk mudik, agar mudik menjadi lebih mudah, lancar dan selamat sampai ke kota tujuan masing-masing.  Namun dengan Anda menggunakan aplikasi tersebut bukan berarti jaminan bahwa mudik pasti lancar dan selamat, semua tergantung situasi dan kondisi yang ada di jalan raya dan kehati-hatian Anda dalam berkendara, karena aplikasi tersebut hanya upaya untuk mempermudah perjalanan. Oleh karena itu saya sarankan bagi pemudik agar selalu berdoa sebelum melakukan perjalanan, tetap hati-hati dan waspada ketika sedang mengemudi, beristirahat jika sudah capek atau lelah dan ikuti rambu-rambu dijalan raya agar perjalanan Anda lancar dan selamat sampai tujuan.